Deretan Penjaga Gawang Termahal Dalam Sejarah Sepak Bola

Penjaga gawang adalah salah satu posisi dalam permainan sepakbola yang kerap dipandang sebelah mata oleh sekian banyak orang, dimana sebagian banyak orang mengira bahwa penjaga gawang tidak memiliki skill atau kemampuan yang bisa ditunjukkan.

Deretan Penjaga Gawang Termahal Dalam Sejarah Sepak Bola

Sangat berbeda dengan pemain-pemain lainnya, akan tetapi peran mereka bisa menjadi salah satu penyelamat suatu tim dari kekalahan dalam suatu pertandingan hingga mereka mendapatkan respek yang tinggi hingga pada akhirnya mereka mendapatkan nilai pasaran yang sangat tinggi.

Biasanya, sebuah klub rela mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membeli pemain pada posisi penyerang. Namun, kali ini sangat berbeda dan tren sudah banyak berubah bukan hanya penyerang, gelandang, atau posisi lainnya yang bernilai sangat mahal dipasaran.

Akan tetapi, nilai penjaga gawang saat ini dipasaran hampir bisa dikatakan menyamai nilai pada posisi pemain lainnya, bahkan pihak klub sangat rela mengeluarkan dana yang sangat besar hanya untuk seorang penjaga gawang.

Karena hal tersebut dilandasi pemahaman bahwa seorang penjaga gawang (kiper) memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah tim, dan pastinya sebuah tim membutuhkan kiper terbaik untuk menjaga barisan belakang mereka dari serangan-serangan lawan.

Dan setiap klub atau tim bisa meraih kesuksesan atau juara semua karena adanya penjaga gawang terbaik mereka. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu klub papan atas Liga Inggris, Chelsea rela menggelontorkan dana yang sangat besar untuk merekrut atau mendatangkan penjaga gawangnya saat ini.

Kepa Arrizabalaga direkrut dari Athletic Bilbao pada tahun 2018 lalu, Chelsea mendatangkan penjaga gawang tersebut bukan dengan harga yang murah dana yang dikeluarkan Chelsea sebesar 80 jura euro (Rp1,2 triliun).

Proses transfer tersebut menjadikan Kepa Arrizabalaga sebagai penjaga gawang termahal didunia saat ini, Hanya membutuhkan waktu dua musim untuk Kepa Arrizabalaga menjadikan dirinya sebagai penjaga gawang termahal didunia. Pihak Chelsea sendiri juga dapat dikatakan mengambil resiko yang sangat besar dalam merekrut Kepa Arrizabalaga.

Dikarenakan kiper yang masih berusia 25 tahun tersebut dan baru satu kali membela timnas Spanyol, akan tetapi pihak Chelsea berani menggelontorkan dana sebesar itu dan Cheslsea sendiri juga melepaskan kiper nomor satunya Thibaut Courtois dengan kiper berusia 25 tahun tersebut.

Kepa sendiri juga selama bermain di Chelsea berhasil membukukan 31 clean sheets dalam 87 pertandingan dan memenangi Liga Eropa pada musim lalu. Dan masih banyak lagi beberapa penjaga gawang yang bernilai fantastis akan tetapi saat ini rekor penjaga gawang termahal di dunia masih dipegang oleh Kepa Arrizabalaga.